BPPT Press melaksanakan FGD dan Sidang BPPT Press pada Jum'at, 29 Mei 2020 yang diikuti oleh Dewan Editor BPPT Press yang terdiri dari  Profesor Riset, Perekayasa Utama dan Peneliti utama BPPT serta   Redaksi Pelaksana BPPT Press . Kegiatan FGD ini dibuka oleh Kepala Pusat Manajemen Informasi  selaku Ketua BPPT Press Ir. Irwan Rawal Husdi, M. Eng. Dalam sambutannya Irwan mengatakan  idealnya pertemuan seperti ini dilakukan secara berkala minimal dua bulan sekali namun karena kendala pandemi Covid 19 maka di tahun 2020 baru dapat terlaksana pada hari ini walaupun melalui pertemuan secara virtual.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi sejauhmana kegiatan  penerbitan buku yang  telah dilaksanakan dan hasil yang telah dicapai oleh BPPT Press. Di tahun 2020 ini  naskah buku yang diterima oleh redaksi masih terhitung minim yaitu sebanyak 7 naskah buku, 3 buku telah memperoleh ISBN dan 4 naskah buku lainnya masih dalam proses penelaahan oleh Dewan Editor. Dikatakan pula jika tujuan dari pertemuan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dalam penerbitan dan skil untuk lebih professional lagi.

Melaporkan perkembangan penerbitan BPPT Press disampaikan Ketua Redaksi Pelaksana BPPT Press Dra.Lucyana H Habibie, MM bahwa data  hasil terbitan  BPPTPress sejak dibentuknya  penerbit BPPT Press pada tahun 2013 sampai dengan Mei 2020  terlihat menurun. Selain itu dikatakan beberapa naskah buku yang masuk ke redaksi belum mengikuti pedoman Gaya Penerbitan BPPT Press. Hal ini mendapat tanggapan yang serius dari Dewan Editor agar segera melakukan sosialisasi ke seluruh unit kerja di BPPT sehingga nantinya  naskah yang masuk ke  redaksi akan lebih produktif.

Hadir pada kegiatan ini Ketua Dewan Editor Prof. Dr. Ir. Suhendar I.Sachoemar,Msi yang menyampaikan keinginannya  untuk menyatukan penerbitan jurnal ilmiah dan buku ilmiah dalam satu proses penerbitan di BPPT Press. Suhendar juga menyampaikan perlu adanya reward besaran angka kredit bagi fungsional Perekayasa agar dapat termotivasi untuk lebih produktif dan  aktif dalam menulis karya ilmiah. Untuk memperkaya terbitan BPPT Press Suhendar  menyampaikan  agar Redaksi Penerbit  BPPT Press dapat bekerjasama  dengan Dewan Editor BPPT Press untuk menulis dan menerbitkan buku  hasil  kegiatan BPPT serta buku Biografi Kepala BPPT.

Ditambahkan oleh  Kepala Bidang Manajemen Pengetahuan dan Perpustakaan Eka Meifrina Suminarsih, S.S, MM sebelum menutup kegiatan FGD ini jika  BPPT Press siap membantu para fungsional BPPT dalam penulisan karya tulis ilmiah dan mendukung penerbitan buku ilmiah di BPPT  .